Loko

Naik Kereta Api, Nyambung ke Bandara atau Lainnya, Pesan Tiket dalam Satu Aplikasi

Pramugari PT Kereta Api Indonesia memberikan penjelasan kepada penumpang tentang Fitur E-Moda KAI Access di dalam bus Perum Damri. (Foto: Dok. PT KAI)
Pramugari PT Kereta Api Indonesia memberikan penjelasan kepada penumpang tentang Fitur E-Moda KAI Access di dalam bus Perum Damri. (Foto: Dok. PT KAI)

JAKARTA -- Para pengguna moda transportasi kereta api yang mau menyambung perjalanannya dari stasiun ke bandara atau sebaliknya, kini semakin mudah.dengan hadirnya KAI Access. Pelanggan kereta api sekarang bisa langsung memesan tiket kereta sekaligus tiket bus Damri dalam satu aplikasi tersebut.

Kemudahan itu bisa didapat setelah PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja sama dengan Perum Damri menghadirkan layanan antarmoda kereta api jarak jauh dengan bus Damri. Pelanggan KA jarak jauh dapat memesan tiket bus Damri untuk menuju stasiun keberangkatan maupun dari stasiun kedatangan ke tujuan yang diinginkan melalui aplikasi KAI Access.

Peluncuran fitur E-Moda KAI Access kerja sama KAI dan Damri dilakukan oleh Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dan Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha Perum Damri Sandry Pasambuna di Stasiun Gambir, Rabu (02/02/2022).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Didiek mengatakan, inovasi ini merupakan langkah KAI dalam membangun suatu ekosistem transportasi secara menyeluruh. Integrasi antarmoda pada aplikasi KAI Access merupakan bentuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan melalui kemudahan memesan tiket bus Damri pada satu aplikasi.

Hadirnya layanan first mile dan last mile menggunakan Bus Damri ini diharapkan dapat membantu pelanggan KA yang ingin melanjutkan perjalanannya dari stasiun ke tujuan selanjutnya ataupun sebaliknya.

“KAI terus mengembangkan aplikasi KAI Access dalam rangka melanjutkan transformasi digital yang saat ini sedang KAI gencarkan,” ujar Didiek dalam keterangan media saat peluncuran kerja sama itu.

Direktur Utama Perum Damri Setia N. Milatia Moemin mengatakan, kerja sama diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dalam perjalanan terutama pada first dan last mile, serta memudahkan pelanggan dalam bertransportasi. Damri pun terus mengembangkan sistem digitalisasi dalam pembelian dan pembayaran tiket, yaitu melalui DAMRI Apps maupun situs penjualan Damri (damri.co.id).

"Pada tahap awal, tiket Bus Damri yang dapat dipesan dari KAI Access adalah rute Stasiun Gambir-Bandara Soekarno-Hatta pp serta Stasiun Yogyakarta-Hotel Wisata Magelang pp," kata Milatia

Rute tersebut dipilih karena merupakan rute yang diminati pelanggan selama ini setelah atau sebelum menggunakan layanan kereta api. Ke depan rute bus Damri yang dapat dipesan melalui KAI Access akan semakin dikembangkan.

Untuk dapat menggunakan layanan add on Bus Damri, pelanggan harus meng-update aplikasi KAI Access ke versi 4.9.0. Cara untuk mendapatkan tiket bus Damri adalah dengan memilih tiket KA yang sudah dibeli pada menu my ticket, lalu pilih menu layanan, kemudian pilih menu Bus. Menu layanan bus tersedia di aplikasi KAI Access hingga 1 jam sebelum kedatangan kereta di stasiun tujuan.

Metode pembayaran yang dapat digunakan untuk layanan antarmoda KAI-Damri adalah melalui KAIPay, e-Wallet, dan QRIS. Setelah berhasil melakukan pembayaran, pelanggan akan mendapatkan QR Code bus Damri untuk selanjutnya ditunjukkan kepada petugas di loket Damri.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0