Musim Hujan Tiba, Ini Tips Agar Perjalanan dengan Kereta Api Tetap Nyaman

Restora  
Ilustrasi. Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, saat hujan turun beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. Humas PT KAI)
Ilustrasi. Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, saat hujan turun beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. Humas PT KAI)

JAKARTA -- Memasuki musim penghujan yang sudah tiba sekarang ini, tentu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Berikut beberapa tips perjalanan menggunakan kereta api saat musim hujan yang bisa diterapkan agar perjalanan tetap nyaman:

1. Cek Jadwal dan Cuaca Terlebih Dahulu

Sebelum berangkat, pastikan untuk memeriksa jadwal kereta api dan perkiraan cuaca. Informasi ini dapat membantum menyesuaikan rencana perjalanan dan mempersiapkan diri secara lebih efektif. Perkiraan cuaca bisa dilihat di situs web resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau sumber ramalan cuaca lainnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Bawa Perlengkapan dengan Aman

Pastikan segala perlengkapanmu saat perjalanan, seperti handphone, dompet, dan dokumen penting lainnya, disimpan dalam tas anti-air atau plastik pelindung. Ini akan membantu melindunginya dari hujan dan memudahkan akses saat diperlukan selama perjalanan.

3. Bawa Payung dan Perlengkapan Hujan

Layaknya pepatah "sedia payung sebelum hujan" yang bermakna berjaga-jaga sebelum musibah datang. Sedia payung dalam. Ini akan berguna saat harus keluar dari kereta di stasiun atau saat hujan turun ketika berada di peron. Perlengkapan hujan ini juga membantu agar badan dan pakaian tetap kering saat berpindah dari stasiun ke destinasi akhir.

4. Kenakan Pakaian yang Tepat

Pilih pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca. Jaket atau mantel hujan yang tahan air dapat melindungi diri dari hujan. Pastikan juga untuk mengenakan alas kaki yang nyaman dan tahan air untuk menghindari masalah akibat alas kaki basah.

5. Perhatikan Kebersihan Pribadi dan Kereta

Selama musim hujan, kebersihan menjadi hal penting. Bawa tisu basah atau hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan dan sekitar tempat duduk. Jaga agar tempat duduk tetap bersih dan tertata rapi selama perjalanan.

6. Pantau Informasi dari Petugas Kereta

Selama perjalanan, pantau informasi yang diberikan oleh petugas. Mereka biasanya memberikan pembaruan tentang kondisi perjalanan dan informasi penting lainnya. Mengikuti petunjuk mereka dapat membantu mengatasi situasi yang mungkin timbul selama perjalanan.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat menikmati perjalanan kereta api selama musim hujan dengan lebih aman dan nyaman. Tetap awasi kondisi cuaca dan pastikan perjalanan Anda menyenangkan hingga destinasi akhir.

"Keberangkatan yang dipersiapkan dengan baik akan memastikan pengalaman perjalanan yang menyenangkan dan aman meskipun cuaca tidak bersahabat. KAI juga terus meningkatkan kewaspadaan menghadapi peningkatan curah hujan,” kata VP Public Relations KAI, Joni Martinus.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Kategori

× Image