Kedua Jalur Terdampak Longsor di Petak Jalan Karanggandul-Karangsari Sudah Dapat Dilalui

Peron  
Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia, Didiek Hartantyo (kiri), bersama stakeholders perkeretaapian pada Selasa (5/12), melakukan tinjauan langsung ke KM 340 + 100 petak jalan antara Stasiun Karanggandul dan Karangsari, yang terkena dampak longsor akibat curah hujan yang tinggi pada Senin (4/12) lalu. (Foto: Humas PT KAI)
Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia, Didiek Hartantyo (kiri), bersama stakeholders perkeretaapian pada Selasa (5/12), melakukan tinjauan langsung ke KM 340 + 100 petak jalan antara Stasiun Karanggandul dan Karangsari, yang terkena dampak longsor akibat curah hujan yang tinggi pada Senin (4/12) lalu. (Foto: Humas PT KAI)

JAKARTA -- Berkat sejumlah upaya percepatan perbaikan jalur KA oleh tim gabungan, pada 5 Desember 2023, kedua jalur rel di lokasi terdampak longsor antara Stasiun Karanggandul dan Karangsari akhirnya bisa dilalui. Sehari sebelumnya hanya bisa dilalui satu jalur saja (Jalur Hilir).

Tim gabungan terdiri dari unsur KAI, DJKA Kemenhub, Balai Teknik Perkeretaapian Semarang, Satuan Pelaksana Purwokerto, dan kewilayahan setempat. Penanganan dilakukan dengan mengerahkan 90 personel dan 8 alat berat.

Vice President Public Relations PT KAI, Joni Martinus, menjelaskan, sejak kejadian longsor KAI terus melakukan upaya agar proses normalisasi segera teratasi, sehingga kedua jalur kembali dapat beroperasi dilalui kereta api. Pada pukul 19.00, Selasa (5/12), jalur hulu sudah rampung dievakuasi dan dapat dilalui KA dengan kecepatan terbatas, di mana sebelumnya hanya bisa dilalui satu jalur saja.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Apresiasi setinggi-setingginya kami sampaikan kepada seluruh petugas lapangan KAI dan seluruh pihak yang telah terlibat dalam proses normalisasi jalur ini. Serta permohonan maaf kepada para pelanggan KA yang menggalami keterlambatan akibat proses pola operasi memutar melalui jalur utara lewat Cirebon – Semarang – Solo, dan memutar lewat jalur selatan melalui Cikampek – Bandung - Kroya,” ujar Joni.

KA 224 Kutojaya Utara relasi Jakarta Kota-Kutojaya menjadi kereta api pertama yang melintasi jalur hulu usai rampungnya proses evakuasi. Kini kedua jalur di titik lokasi sudah dapat kembali melayani dengan kecepatan yang dibatasi.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Kategori

× Image