KAI dan KAI Commuter Lanjutkan Kerja Sama dengan East Japan Railways Company

Loko  
Komisaris Utama PT KAI KH Said Aqil Siroj (kiri), Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo (tengah), dan Senior Executive Officer Director General of International Affairs Headquarters East Japan Railway Companty Shunzo Miyake, saat penandatanganan MoU antara PT KAI dan East Japan Railways Company di Tokyo, Jepang, Senin (27/11). (Foto: Humas PT KAI)
Komisaris Utama PT KAI KH Said Aqil Siroj (kiri), Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo (tengah), dan Senior Executive Officer Director General of International Affairs Headquarters East Japan Railway Companty Shunzo Miyake, saat penandatanganan MoU antara PT KAI dan East Japan Railways Company di Tokyo, Jepang, Senin (27/11). (Foto: Humas PT KAI)

JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan KAI Commuter melanjutkan kerja sama dengan East Japan Railways Company (JR East) dengan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman kerja sama dalam bidang usaha perkeretaapian dan non perkeretaapian di Tokyo, Jepang, pada Senin (27/11).

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Direktur SDM dan Umum KAI Suparno, Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto, dan Senior Executive Officer Director General of International Affairs Headquarters JR East Shunzo Miyake. Dalam proses penandatanganan tersebut, turut disaksikan oleh Komisaris Utama KAI Said Aqil Siroj dan Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo.

“Nota kesepahaman ini merupakan pembaruan dari kerja sama yang telah dilakukan tahun-tahun sebelumnya. KAI Group terus bersinergi dengan perusahaan kelas dunia, salah satunya JR East yang berpengalaman di bidang perkeretaapian Jepang dengan reputasi yang sangat baik untuk keselamatan, pelayanan, dan ketepatan waktu,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ruang lingkup MoU antara KAI Group dan JR East tersebut meliputi pendidikan dan pelatihan, pengembangan berorientasi transit, pertukaran sumber daya manusia yang ahli berdasarkan permintaan, pertukaran informasi dan penyelesaian masalah perkeretaapian, serta bidang lainnya yang terkait.

Didiek mengatakan, kerja sama ini sangat penting untuk pembangunan SDM di KAI Group berkaitan dengan implementasi sistem keselamatan perekeretaapian di Indonesia. Di samping itu, pengembangan SDM juga terus dilakukan untuk saling support kebutuhan tenaga kerja operator perkeretaapian Indonesia dan Jepang.

Salah satu yang menjadi perhatian KAI Group dengan adanya MoU ini yaitu KAI Group berupaya untuk terus meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api, salah satunya dari sektor perawatan sarananya. Terjalinnya kolaborasi yang baik antara KAI Group dan JR East akan semakin menguatkan sistem perawatan sarana perkeretaapian agar tetap andal.

Melalui MoU tersebut juga, KAI Group berkomitmen untuk terus membangun transportasi yang efisien, ramah lingkungan, terjangkau oleh masyarakat, serta dengan mempertimbangkan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG).

“Semoga MoU ini dapat memberikan nilai tambah bagi KAI maupun JR East. Kolaborasi ini juga diharapkan mampu mendukung upaya KAI dalam meningkatkan keterampilan SDM KAI dan menjalankan kereta api dengan zero accident, sehingga semakin banyak masyarakat yang menggunakan kereta api sebagai transportasi andalannya,” tutur Didiek.

KAI Commuter dan JR East telah bekerja sama pengembangan perkeretaapin khususnya KRL Commuter Line yang salah satunya adalah pengadaan sarana dan suku cadang kereta api. Namun tidak hanya hal itu saja terdapat beberapa lingkup bidang usaha nonperkeretaapian yang dikerjasamakan.

Nota kesepahaman ini akan berlaku satu tahun ke depan sampai 31 Desember 2024. Dengan ruang lingkup kerja sama di antaranya meliputi bidang pendidikan dan pelatihan, pengadaan sarana dan suku cadang kereta api, pengembangan berorientasi transit, pertukaran Sumber Daya Manusia yang ahli berdasarkan permintaan, pertukaran informasi dan penyelesaian masalah perkeretaapian dan bidang terkait lainnya.

KAI Commuter sebagai bagian dari KAI group yang bergerak sebagai operator Commuter Line, saat ini telah mengangkut dan melayani rata-rata pengguna 1 juta lebih orang per hari di seluruh wilayah operasionalnya.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Kategori

× Image