QR Code Tiket Kereta Cepat Whoosh tak Bisa Digunakan Lagi Jika Penumpang Mencetak Tiket Fisik

Loko  
Ilustrasi. Calon penumpang Kereta Cepat Whoosh mengantre untuk uji coba perjalanan beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. Humas PT KAI)
Ilustrasi. Calon penumpang Kereta Cepat Whoosh mengantre untuk uji coba perjalanan beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. Humas PT KAI)

JAKARTA -- Penumpang Kereta Cepat Whoosh yang sudah memiliki QR Code Tiket tidak perlu lagi mengantre di mesin tiket untuk mencetak tiket fisik. Penumpang dapat langsung naik ke area ruang tunggu dan melakukan boarding sesuai waktu yang ditentukan.

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, bagi penumpang yang tetap membutuhkan tiket fisik, pencetakan dapat dilakukan melalui ticket Vending Machine di stasiun.

Namun, ada hal yang harus diperhatikan yakni jika penumpang sudah mencetak tiket fisik, maka QR Code tiket yang dimiliki secara otomatis tidak dapat digunakan kembali. Ini karena secara sistem sudah tidak dapat dibaca, sehingga untuk melalui gate penumpang harus menggunakan tiket fisik yang sudah dicetak.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Adapun pembelian tiket Kereta Cepat Whoosh secara online dapat dilakukan melalui aplikasi Whoosh Kereta Cepat, Access by KAI, Livin by Mandiri, dan web ticket.kcic.co.id. Setelah menyelesaikan transaksi, QR Code Tiket tersebut dapat dilihat pada email maupun menu tiket pada aplikasi Whoosh.

“Dengan menggunakan QR Code Tiket, penumpang tidak perlu lagi khawatir kehilangan tiket fisik yang dibutuhkan untuk gate in dan gate out di stasiun atau terburu-buru untuk hadir di stasiun untuk melakukan pencetakan tiket. Cukup scan QR Code Tiket pada gate,dan gate akan langsung terbuka dalam hitungan detik,” ujar Dwiyana.

Penumpang dapat melakukan boarding paling cepat waktu 30 menit hingga 5 menit sebelum jadwal keberangkatan. Jika sudah diizinkan, penumpang dapat langsung mengantre untuk melakukan gate in dengan mengarahkan QR Code Tiket pada mesin pemindai yang terpasang di gate.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Kategori

× Image