KAI Genjot Investasi untuk Dukungan Logistik Batu Bara di Sumbagsel

Loko  
Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo (kedua dari kiri), saat melakukan kunjungan ke Sumbagsel, Kamis (2/11).
Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo (kedua dari kiri), saat melakukan kunjungan ke Sumbagsel, Kamis (2/11).

JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus menggenjot investasi di Sumatra Bagian Selatan dalam rangka dukungan logistik distribusi batu bara nasional.

KAI menargetkan kapasitas lintas angkutan batu bara di Sumatra Bagian Selatan pada 2027 sebesar 105 MTPA (Metric Tones Per Annum). Saat ini, kapasitas lintasnya adalah 53 MTPA.

Bagi KAI, investasi KAI pada angkutan batu bara di Sumatra Bagian Selatan sangat penting, karena pengangkutan dengan angkutan kereta api lebih efesien dibandingkan dengan moda transportasi darat lainnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Selain itu ada faktor lainnya seperti ketepatan waktu, lebih ramah lingkungan, keamanan, dan keselamatan, sehingga KAI dipercaya oleh mitra-mitra angkutan batu bara kami,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, kepada media.

Untuk memastikan perkembangan investasi tersebut sesuai target, manajemen KAI melakukan peninjauan di titik-titik vital angkutan batu bara seperti Stasiun Kertapati - Palembang , Stasiun Muara Enim , Stasiun Sukacinta , Stasiun Merapi serta Balai Yasa Lahat pada Kamis (2/11).

Pengembangan angkutan batu bara di Sumatra Bagian Selatan dilakukan pada sejumlah sektor termasuk prasarana dan sarana. Pada bagian prasarana, skema pengembangan secara keseluruhan dibagi menjadi 3 segmen yaitu lintas Lahat – Kertapati, lintas Prabumulih – Tegineneng, dan lintas Tegineneng – Tarahan.

Beberapa sektor prasarana saat ini yang sudah selesai dikerjakan yaitu Stasiun Baru Melawai dan Container Yard (CY), menghidupkan Stasiun Merapi dan CY, pembangunan persinyalan Elektrik antara Stasiun Muaraenim - Stasiun Prabumulih X6, Double Track antara Stasiun Tigagajah – Stasiun Lubukbatang, dan pembangunan jalur I overcaping mesin bubut Stasiun Simpang.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Kategori

× Image