Ini Lho Keunggulan Kereta Ekonomi New Generation yang Membuat Perjalanan Semakin Nyaman

Restora  
Ilustrasi. Kabin kereta ekonomi new generation. (Foto: Dok. Humas PT KAI)
Ilustrasi. Kabin kereta ekonomi new generation. (Foto: Dok. Humas PT KAI)

JAKARTA -- Sudah bukan rahasia lagi, tarif yang terjangkau dengan kecepatan tempuh hingga tujuan yang efisien adalah salah satu alasan mengapa banyak masyarakat memilih kereta api sebagai moda transportasi favorit. Ditambah lagi dengan peningkatan kelas dan fasilitas penumpang yang semakin beragam.

Kereta api jarak jauh di Indonesia umumnya memiliki tiga kelas untuk setiap jenisnya, yakni kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi. Namun, kereta ekonomi merupakan pilihan yang populer bagi banyak orang karena tiket kereta api ekonomi yang terjangkau dan fasilitas yang cukup memadai. Sebagian besar kereta ekonomi telah dilengkapi dengan penyejuk udara, yang membuat perjalananmu semakin nyaman, terutama saat cuaca panas.

Seperti kita ketahui, kereta ekonomi sebelumnya memiliki 106 tempat duduk dengan formasi 3-2, sandaran tegak lurus, dan saling berhadapan, membuat ruang yang terbatas. Secara bertahap diganti menjadi kereta ekonomi 80 tempat duduk dengan formasi 2-2 tanpa lagi saling berhadapan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dikutip dari laman resmi PT KAI, kai.id, yang terbaru KAI kembali melakukan pengembangan pada kereta ekonomi dengan meluncurkan "Kereta Ekonomi New Generation". Kereta ini telah mengalami berbagai perubahan positif yang membuat perjalanan dengan kereta api semakin nyaman dan mengasyikkan. Apa aja sih keunggulan dari kereta ekonomi new generation ini?

Menghadirkan Kenyamanan yang Lebih

KAI melakukan inovasi terbaru dengan menghadirkan kereta ekonomi new generation, di mana jumlah tempat duduk menjadi 72 kursi, sehingga leg room-nya menjadi lebih luas. Selain itu, jenis kursinya juga sudah menggunakan tipe captain seat yang membuatmu semakin nyaman saat bersandar dan bisa diatur kemiringannya (reclining) serta bisa disesuaikan searah laju kereta api atau pun berhadapan (revolving).

Perubahan pada Interior

Tidak hanya tempat duduk yang mengalami perubahan, interior kereta juga mendapatkan penyempurnaan. KAI telah memasang Public Information Display System (PIDS) yang menampilkan informasi seperti jam dan suhu, memberikan kemudahan kepada pelanggan. Selain itu, desain interior kereta ini lebih mirip dengan kereta eksekutif dengan nuansa yang lebih cerah. Ini menciptakan lingkungan yang lebih menyenangkan selama perjalanan.

Fasilitas Lainnya

Perubahan tidak berhenti di situ, kereta ekonomi new generation juga menghadirkan toilet yang lebih mewah dengan posisi duduk. Selain itu, terdapat juga tempat ibadah di kereta restorasi, memungkinkan kamu untuk beribadah dengan nyaman selama perjalanan.

Nah itulah beberapa keunggulan dari kereta ekonomi new generation. Kereta ini merupakan hasil modifikasi yang dilakukan oleh KAI di Balai Yasa Manggarai. Sejak April 2023, sudah ada 12 kereta ekonomi lho yang berhasil dimodifikasi di sana.

Buat kamu yang ingin mencoba, saat ini kereta api new generation telah dirangkaikan pada kereta api Jayabaya relasi Pasarsenen - Malang pp. Adapun jadwal perjalanan kereta api Jayabaya ini yaitu berangkat dari Pasarsenen pukul 17.25 dan tiba di Malang pukul 06.20. Untuk relasi Malang - Pasarsenen, berangkat dari Malang pukul 12.30 dan tiba di Pasarsenen pukul 01.38.

"Sebagai salah satu moda transportasi yang aman, nyaman, dan tepat waktu, kereta api terus menjadi pilihan yang menarik bagi para pelancong di Indonesia. Dengan Kereta Ekonomi New Generation, perjalanan dengan kereta api semakin nyaman, mengasyikkan, dan mengesankan," kata Vice President of Public Relations KAI Joni Martinus.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Kategori

× Image