Heritage: Stasiun Tanggung Grobogan, 'Di Bumi Inilah Kita Bermula'

Restora  
Stasiun Tanggung, Grobogan. (Foto: Dok. Humas PT KAI)
Stasiun Tanggung, Grobogan. (Foto: Dok. Humas PT KAI)

JAKARTA -- Stasiun Tanggung (TGG) adalah sebuah stasiun kereta api yang terletak di Tanggungharjo, Tanggungharjo, Grobogan, Jawa Tengah. Dengan ketinggian +20 m dpl, Stasiun Tanggung terletak di Daerah Operasi IV Semarang.

Stasiun Tanggung yang mulai dibangun tahun 1864 dan dibangun ulang pada tahun 1910, terletak di ketinggian 20 meter di atas permukaan laut.

Pada 10 Agustus 1867 Stasiun ini menjadi saksi dibukanya jalur kereta api pertama antara Tanggung - Kemijen sejauh 25 km oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda Ludolph Anne Jan Wilt Baron Sloet van de Beele.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Stasiun ini memiliki gaya arsitektur Swiss Chalet yang berasal dari Swiss yang bisa terlihat di bagian atap pelana yang diberi dekorasi dan ekspose tiang konstruksi.

Stasiun Tanggung memiliki empat ruang pada bangunan stasiunnya yakni ruang kepala stasiun yang juga digunakan untuk loket, gudang, ruang tunggu dan ruang PPKA.

Ada hal unik di Stasiun ini. Salah satunya adalah tugu peringatan dengan tulisan “Di Bumi Inilah Kita Bermula” sebagai pengingat sejarah bermulanya kereta api di Indonesia.

Keunikan lainnya adalah tepat dibelakang stasiun terdapat rumah panggung yang terbuat dari kayu, diperkirakan rumah tersebut merupakan rumah Kepala Stasiun Tanggung dan masih ada hingga saat ini.

Stasiun Tanggung saat ini berfungsi sebagai stasiun pemantau dan merupakan stasiun bersejarah yang dilindungi UU No. 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Kategori

× Image