Heritage: Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Kereta Api Terbesar di Surabaya dan Jatim

Restora  
Ilustrasi. Stasiun Surabaya Gubeng telah ditetapkan sebagai Bangunan Stasiun Cagar Budaya sejak 1996. (Foto: Dok. Humas PT KAI)
Ilustrasi. Stasiun Surabaya Gubeng telah ditetapkan sebagai Bangunan Stasiun Cagar Budaya sejak 1996. (Foto: Dok. Humas PT KAI)

JAKARTA -- Stasiun Surabaya Gubeng (SGU, +5 m dpl) adalah stasiun kereta api (KA) yang terletak di Gubeng, Surabaya, Jawa Timur. Keberadaannya di bawah naungan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8.

Stasiun ini merupakan stasiun kereta api terbesar di Surabaya dan Jawa Timur dan merupakan tempat keberangkatan KA utama dari Kota Surabaya, khususnya yang melalui jalur selatan. Sedangkan, KA yang melewati jalur utara, seperti KA jurusan Jakarta via Semarang, diberangkatkan dari Stasiun Pasar Turi.

Stasiun Surabaya Gubeng ditetapkan sebagai Bangunan Stasiun Cagar Budaya Berdasarkan SK Walikota Surabaya No. 188.45/251/402.1.04/1996,26-09-1996 dan SK Menbudpar No: PM. 23/PW.007/MKP/2007, 26 Maret 2007.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dikutip dari laman resmi PT KAI, kai.id, Stasiun Surabaya Gubeng pertama kali dibangun di sisi barat rel KA. Pada pertengahan dekade 1990-an, bangunan baru Stasiun Surabaya Gubeng dibangun di sisi timur rel KA dengan arsitektur lebih modern dan lebih luas.

Stasiun Gubeng memiliki 6 jalur utama, di mana jalur 1 (paling barat) biasanya digunakan untuk pemberangkatan KA ekonomi ke arah selatan. Jjalur 2 untuk kedatangan kereta dari arah selatan, jalur 3 dan 4 digunakan untuk tempat singgah KA Logawa, Sri Tanjung, dan Penataran Icon selama proses langsiran lokomotif dan sebagai jalur berjalan langsung untuk KA barang.

Jalur 5 digunakan untuk kedatangan KA Mutiara Selatan dari Bandung dan juga sebagai jalur berjalan langsung untuk KA barang. Jalur 6 (paling timur) digunakan untuk pemberangkatan dan kedatangan KA bisnis dan eksekutif. Di bagian utara jalur 6 ada jalur yang bercabang menuju Balai Yasa (BY)/bengkel KA Surabaya Gubeng.

Di sebelah timur Stasiun Surabaya Gubeng, berdiri megah bangunan baru yang kini bernama Stasiun Surabaya Gubeng Baru. Stasiun Surabaya Gubeng Baru dikhususkan untuk memberangkatkan kereta api kelas bisnis dan eksekutif tujuan Jakarta, Bandung, maupun Banyuwangi.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Kategori

× Image