Heritage: Menara Air Stasiun Cirebon, Dahulu untuk Keperluan Lokomotif Uap

Restora  
Ilustrasi. Menara Air Stasiun Cirebon. (Foto: Dok. Humas PTKAI)
Ilustrasi. Menara Air Stasiun Cirebon. (Foto: Dok. Humas PTKAI)

JAKARTA -- Selain bangunan stasiunnya, ada juga bagian lain dari Stasiun Cirebon yang merupakan warisan cagar budaya. Tak lain adalah Menara Air Stasiun Cirebon.

Menara air ini terletak di dalam area lingkungan Stasiun Cirebon yang terletak di Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Cirebon, Kotamadya Cirebon.

Bangunan menara air ini berada di ketinggian +4 meter di atas permukaan laut. Menara air ini dibangun oleh perusahaan kereta api negara (Staatsspoorwegen yang dikenal dengan nama SS).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dibangun bersamaan dengan pembangunan jalur kereta api Cikampek–Cirebon. Stasiun Cirebon dan menara airnya dibangun antara tahun 1910-1912. Resmi digunakan pada tanggal 3 Juni 1912.

Menara air ini terletak di seberang bangunan utama Stasiun Cirebon. Bentuk bangunan menara airnya sangat besar. Selain digunakan untuk memasok air guna keperluan lokomotif uap dan stasiun itu sendiri, menara air juga digunakan untuk keperluan lainnya. Sebab, di area Stasiun Cirebon juga terdapat Dipo Lokomotif dan rumah-rumah dinas untuk pegawai kereta api dan barak-barak untuk buruh kereta api.

Sampai saat ini menara air ini masih digunakan. Namun tidak lagi untuk lokomotif uap.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Kategori

× Image