Loko

Kini Hadir Hype Trip KA Taksaka Bagi Kaum Milenial

Foto bersama Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (persero) Didiek Hartantyo (ketiga dari kanan), Direktur Niaga PT KAI Hadis Surya Palapa (pertama dari kiri), Ketua Badan Promosi Pariwisata DIY Gusti Kanjeng Ratu Bendara (kedua dari kiri), Kepala Divisi Pariwisata DIY Singgih Raharja (ketiga dari kiri), EVP Daop 6 Yogyakarta Iwan Eka Putra (pertama dari kanan). (Foto: Humas KAI)
Foto bersama Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (persero) Didiek Hartantyo (ketiga dari kanan), Direktur Niaga PT KAI Hadis Surya Palapa (pertama dari kiri), Ketua Badan Promosi Pariwisata DIY Gusti Kanjeng Ratu Bendara (kedua dari kiri), Kepala Divisi Pariwisata DIY Singgih Raharja (ketiga dari kiri), EVP Daop 6 Yogyakarta Iwan Eka Putra (pertama dari kanan). (Foto: Humas KAI)

JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) menghadirkan fasilitas dan pelayanan yang berbeda pada KA Taksaka (Yogyakarta-Gambir pp) bertajuk Hype Trip: Traveling Feel More Fun.

Hype Trip merupakan perjalanan kereta api yang memberikan kesan kekinian kepada para pelanggan. Mulai keberangkatan 23 September, perjalanan Taksaka akan mendapatkan nuansa dan fasilitas yang berbeda mulai dari menu makanan, fasilitas permainan, seragam kru, hingga livery dengan vibes milenial.

Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, mengatakan Hype Trip diaplikasikan pada KA Taksaka sebagai pilot project karena banyak pelanggan dari KA Taksaka yang berasal dari Gen Y dan Z.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Berdasarkan data, pada periode Januari s.d Juni 2022 sebanyak 58 persen atau 2,7 juta pelanggan KA Taksaka berusia 12-41 tahun. Selain itu KA Taksaka juga merupakan kereta api yang menghubungkan daerah pusat ekonomi dengan salah satu destinasi wisata dan pendidikan.

“Hadirnya Hype Trip ini bertujuan untuk mengakomodasi kebutuhan pelanggan yang terus berubah secara dinamis. Untuk itu KAI menawarkan pengalaman unik dan fresh, khususnya bagi milenial yang cenderung ingin mencoba hal-hal baru sehingga dapat lebih menikmati perjalanan kereta apinya,” ujar Didiek saat meresmikan perjalanan Hype Trip di Stasiun Yogyakarta, Jumat (23/9).

Perjalanan kereta api dengan konsep Hype Trip ini merupakan bagian dari peningkatan layanan KAI dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Ke-77 KAI yang diperingati pada 28 September 2022 dengan tema Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik.

Melalui rebranding KA Taksaka menjadi kereta Hype Trip ini, KAI menyediakan menu makanan dan minuman yang disesuaikan dengan selera kaum milenial. Menu khusus yang ditawarkan yaitu Es Kopi Susu Gula Aren, Thai Tea, Cream Soup, Tom Yum, Spaghetti, Chicken Katsu & Kentang Goreng, Indomie Goreng Chicken Katsu Sambal Geprek, Dimsum, Odeng, dan lainnya.

Pada kereta Hype Trip tersebut juga tersedia board game yang dapat dimainkan selama dalam perjalanan. Tambahan fasilitas berupa permainan ini yaitu flash card, jenga block, UNO card, dan ular tangga.

Seragam yang dipakai oleh kru KA juga didesain dengan unik bergaya milenial. Petugas Kondektur yang sebelumnya memakai jas, kini diganti dengan mengenakan rompi. Adapun petugas prama dan prami yang sebelumnya mengenakan seragam berwarna abu-abu, kini menggunakan jaket bomber serta topi untuk prama dan scarf untuk prami.

Berbagai menu makanan dan permainan di dalam kereta makan Hype Trip. (Foto: Humas KAI)
Berbagai menu makanan dan permainan di dalam kereta makan Hype Trip. (Foto: Humas KAI)

Di samping itu, livery bernuansa Hype Trip juga diterapkan pada interior dan eksterior kereta api. Livery yang terpasang di lokomotif dan kereta ini didesain dengan penuh warna. Di bagian interior juga terpasang tulisan-tulisan motivasi untuk menginspirasi dan memberikan semangat kepada para pelanggan.

Pelanggan juga masih dapat memanfaatkan wifi gratis sepanjang perjalanan KA Taksaka dan layanan Entertainment On Board (EOB) berupa berbagai macam konten hiburan selama perjalanan. Dengan tersedianya Wifi gratis dan layanan EOB ini, pelanggan tetap dapat beraktivitas seperti bekerja, mengakses konten hiburan, dan berkomunikasi selama dalam perjalanan.

Kehadiran Hype Trip ini menunjukkan bahwa KAI terus mendengarkan keinginan pelanggan serta melakukan berbagai inovasi guna meningkatkan pelayanan bagi pelanggan. KAI akan menerapkan layanan serupa pada KA-KA lainnya serta berbagai terobosan unik lainnya untuk memberikan pengalaman berbeda kepada para pelanggan.

“Kami berharap layanan baru Hype Trip ini dapat memberikan kesan mendalam bagi para pelanggan, sehingga mampu mempertahankan pelanggan setia serta menarik para pelanggan baru KAI,” tutur Didiek.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0