KAI Terbitkan Obligasi dan Sukuk Senilai Rp3T

Loko  
Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo (ketiga kanan), Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko KAI Salusra Wijaya (kiri), Komisaris Independen KAI Riza Primadi (kedua kiri), Komisaris Independen KAI Rochadi (kedua kanan), dan Komisaris Independen KAI Endang Tirtana (kanan) memberikan doorprize kepada para calon investor. (Foto: Humas KAI)
Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo (ketiga kanan), Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko KAI Salusra Wijaya (kiri), Komisaris Independen KAI Riza Primadi (kedua kiri), Komisaris Independen KAI Rochadi (kedua kanan), dan Komisaris Independen KAI Endang Tirtana (kanan) memberikan doorprize kepada para calon investor. (Foto: Humas KAI)

JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengumumkan rencananya untuk menerbitkan obligasi melalui instrumen obligasi dan sukuk dengan skema Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) pada 14 Juli 2022.

Penjamin Pelaksana Emisi dalam obligasi ini yaitu Mandiri Sekuritas, CIMB Sekuritas, dan BRI Danareksa Sekuritas. Total Nilai Emisi obligasi dan Sukuk ini adalah sebanyak-banyaknya Rp3.000.000.000.000 (tiga triliun rupiah) dengan tenor obligasi 3 tahun, 5 tahun, dan 7 tahun.

Dana Obligasi dan Sukuk ini akan digunakan untuk pengembangan angkutan batu bara Sumatra bagian selatan sebesar Rp1,815 triliun, pembayaran jatuh tempo obligasi I tahun 2017 seri A sebesar Rp1 triliun, dan pengadaan sarana KA Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS) sebesar Rp185 miliar.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Obligasi dan Sukuk ini mendapatkan peringkat idAA + (Double A plus; Stable) dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) pada tanggal 13 April 2022. Obligasi dan Sukuk terbagi menjadi 2 seri di mana Seri A berjangka waktu 5 tahun dengan asumsi indikasi tingkat kupon Obligasi dan Sukuk 7,45 persen - 8,10 persen per tahun, Seri B berjangka waktu 7 tahun dengan asumsi indikasi tingkat kupon Obligasi dan/atau sukuk 7,80 persen - 8,50 persen per tahun. Bunga Obligasi dan Sukuk dibayarkan triwulan 30/360, sesuai dengan tanggal pembayaran masing-masing Bunga Obligasi dan Sukuk.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo pada acara Investor Gathering di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, 14 Juli 2022 mengatakan, KAI telah membuktikan diri menjadi salah satu pilar utama layanan transportasi di Tanah Air. Pada 2021 KAI melayani sebanyak 155 juta penumpang dan 50,3 juta ton barang untuk angkutan barang.

"Realisasi Semester I tahun 2022 ini, jumlah penumpang KAI telah mencapai 119,8 juta dan volume angkutan barang telah mencapai 26,8 juta ton. Kami yakin jumlah tersebut akan terus tumbuh," ujar Didiek.

Batu bara merupakan komoditi angkutan barang terbesar KAI. Pada tahun 2021, KAI mengangkut 38,36 juta ton batu bara, atau 76,32 persen dari total angkutan barang KAI sebesar 50,26 juta ton. KAI menargetkan, volume angkutan batu bara menjadi sebanyak 105,25 juta ton di tahun 2027, meningkat 174,38 persen dibanding pencapaian di tahun 2021.

Rencana pengembangan Sumatra Bagian Selatan sejalan dengan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) yang masih mengandalkan batu bara dan rencana PT BA untuk meningkatkan produksi batu baranya . Sinergi BUMN antara KAI, Bukit Asam, dan PLN untuk mendukung Ketahanan Energi Nasional di mana KAI akan menyediakan layanan angkutan barang yang dapat diandalkan.

KAI akan memperbarui sistem persinyalan serta membangun jalur ganda untuk meningkatkan kapasitas lintas sehingga lebih banyak perjalanan KA yang beroperasi. Selain itu, KAI juga akan melakukan pengembangan pada fasilitas perawatan sarana dan prasarana serta pengembangan stasiun muat dan bongkar. Dengan sarana dan prasarana yang andal maka volume angkutan batu bara dapat ditingkatkan.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Kategori

× Image