Tiket Kereta Mudik Lebaran Keberangkatan 28 April-1 Mei Sudah Mulai Terbatas

Peron  
Suasana mudik Lebaran 2022. (Foto: Humas PT KAI)
Suasana mudik Lebaran 2022. (Foto: Humas PT KAI)

JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat, pada keberangkatan Jumat (22/4), sebanyak 66.676 pelanggan menggunakan kereta api ke berbagai daerah pada masa mudik. Adapun okupansi kereta pada H-10 Lebaran tersebut mencapai 57 persen dari 117.060 tempat duduk yang disediakan.

Jika dibandingkan dengan pekan lalu terdapat peningkatan sebesar 6 persen, di mana pada 15 April 2022 KAI melayani 62.757 pelanggan KA Jarak Jauh. Rute yang menjadi favorit pelanggan pada keberangkatan H-10 Lebaran adalah rute Jakarta - Yogyakarta pp, Jakarta - Surabaya pp, Jakarta - Bandung pp, dan Jakarta - Semarang pp.

VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan kepada media mengatakan, KAI mengajak masyarakat untuk dapat segera mudik menggunakan kereta api untuk mengurangi kepadatan menjelang hari Lebaran. Hal tersebut juga sesuai anjuran Presiden Joko Widodo yang meminta masyarakat untuk mudik lebih awal dan menggunakan angkutan kereta api.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

KAI melihat, pada keberangkatan 23 s.d 27 April, atau H-9 s.d H-5, jumlah tempat duduk yang disediakan masih cukup tersedia karena rata-rata okupansinya masih sekitar 48 persen. sedangkan untuk keberangkatan 28 April s.d 1 Mei, atau H-4 s.d H-1, tiket sudah mulai terbatas karena rata-rata okupansinya sudah mencapai 70 persen.

"Khusus untuk rute-rute favorit pada keberangkatan menjelang Hari Lebaran, tiketnya sudah habis terjual seperti Jakarta ke Yogyakarta, Surabaya, Solo, Semarang, dan lainnya," ujar Joni.

Secara umum sampai dengan 23 April, untuk periode keberangkatan 22 April s.d 13 Mei, KAI telah menjual 1.371.081 tiket atau 53 persen dari total kapasitas tempat duduk KA jarak jauh yang disediakan. Tanggal yang menjadi favorit masyarakat untuk mudik adalah keberangkatan 29 dan 30 April, atau H-3 dan H-2 Lebaran.

Pada masa Angkutan Lebaran 2022 ini, KAI akan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan yang akan mudik naik kereta api sehingga pelanggan akan merasa nyaman saat berada di stasiun maupun selama dalam perjalanan. KAI juga akan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin sehingga perjalanan kereta api di masa angkutan lebaran tetap sehat dan selamat.

KAI juga masih menyediakan layanan angkutan Motor Gratis menggunakan kereta api serta penjualan tiket Angkutan Lebaran khusus bagi peserta Motis dalam rangka meningkatkan keselamatan pemudik dan mengurangi kepadatan di jalan raya.

"KAI mengajak masyarakat untuk dapat segera mudik dengan kereta api karena jumlah tiket untuk mudik awal masih cukup tersedia. Pembelian tiket juga cukup mudah bisa melalui aplikasi KAI Access, web KAI, serta berbagai channel resmi penjualan tiket KAI lainnya," kata Joni.

Untuk Info selengkapnya terkait layanan Angkutan Lebaran KAI, masyarakat dapat menghubungi Customer Service Stasiun dan Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Kategori

× Image